Minggu, 22 Mei 2011

SISTEM SENTRA DALAM KBM PAUD AL-FATHONAH SEGEDONG

Posted On 15.52 by Paud Al-Fathonah 0 komentar

Foto0036Foto0038Foto0040Foto0042Foto0044Foto0051Foto0056Foto0058Foto0059Foto0065Foto0066Foto0069Foto0072Foto0026Foto0027Foto0028Foto0031Foto0032Foto0034IMG_0071


PENGELOLA PAUD AL-FATHONAH SAAT MENGIKUTI PELATIHAN METODE BACA TULIS MONTESSORI DI AULA FKIP UNTAN PONTIANAK

Posted On 15.21 by Paud Al-Fathonah 0 komentar

IMG_0104IMG_0094IMG_0095IMG_0096IMG_0098IMG_0099IMG_0100IMG_0101IMG_0102IMG_0103


SILABUS PAUD AL-FATHONAH SEGEDONG

Posted On 07.59 by Paud Al-Fathonah 0 komentar

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Anak usia dini (3-6 tahun) bukan sekedar manusia muda yang tidak berdaya bila tidak mendapatkan bantuan orang dewasa sekelilingnya, melainkan individu yang memiliki potensi luar biasa yang dikaruniai Allah SWT sejak dalam kandungan dan dibawanya hingga lahir. Potensi ini muncul menjadi kompetensi manakala mendapatkan perawatan makanan, kesehatan, perhatian, kasih sayang dan pendidikan yang memadai.
Kesinambungan perawatan dan pendidikan untuk anak usia dini menjadi yang sangat penting. Berdasarkan penemuan para pakar pendidikan dan ahli dibidang perkembangan otak dikatakan bahwa usia dini merupakan masa emas yang sangat berpengaruh pada kepribadian anak selanjutnya. Pada masa tersebut, perkembangan jaringan sel-sel otak berlangsung sangat cepat, 80% kecerdasan IQ, EQ dan SQ ditentukan selama kurun usia dini. Optimalisasi perkembangan tersebut dimungkinkan apabila adanya lingkungan yang kondusif dan berkelanjutan dalam memberikan rangsangan fisik, kognitif, pembentukan perilaku yang mencukupi kebutuhan perkembangan anak.
Sesuai fitrah yang digariskan dalam ajaran Islam, bahwa mendidik anak dan mengasuh anak adalah salah satu tugas utama orang tua. Namun demikian, karena berbagai kendala ayah bunda tak bisa sepenuhnya mendidik anaknya secara langsung. Oleh karena itu tanpa mengurangi tugas utama orang tua, dibutuhkan "pihak lain" sebagai "pengganti sementara" yang mengasuh/membimbing/mendidik secara profesional sehingga anak terpenuhi kebutuhan perawatan, perhatian, kasih sayang dan keteladanannya.
Peduli terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak bangsa dari aspek moral, mental agama (akhlak mulia), fisik, sosial dan emosional, maka Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) Al-Fathonah Segedong berusaha memberikan layanan pengasuhan dan pendidikan berdasarkan ajaran Islam. Hal ini dilakukan semata-mata didasarkan pada kesadaran bahwa anak adalah amanah Allah SWT yang harus dididik agar menjadi insan yang MAS (menyembah Allah SWT semata, menjadi anak shaleh dan menyambung akrab silaturahmi) untuk kejayaan agama, keluarga dan bangsa.
Untuk kebutuhan pemaksimalan program pendidikan pada PAUD Al-Fathonah, maka disusunlah panduan pelaksanaan model pendidikan keislaman yang bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah, Departemen Pendidikan Nasional.

 
B.    Landasan Hukum
1.    Konsep dasar pemikiran Qur'ani (KDPQ)
"Perhatikanlah ketika Luqman berkata kepada anaknya, "Hai anakku, janganlah engkau mempersekutukan Allah. Sesungguhnya syirik adalah kedzaliman yang besar".(QS 31.12).
2.    Konsep diri pribadi Rasulullah (KDPR)
"Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah (Islam / tunduk kepada Allah saja) maka kedua orang tuanya yang menjadikannya sebagai Yahudi, Nasrani atau Najusi" (HR. Bukhari Muslim)
3.    Konsep diri perilaku Islami (KDPI)
"Sebaik-baik kamu ialah yang belajar dan mengajar Al-Qur'an"
(Al-Hadist)
4.    Amandemen UUD 1945 Pasal 31
5.    UU No. 4 tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak
6.    PP No. 36 tahun 1990 tentang Rativikasi Konvensi Hak-Hak Anak
7.    PP No. 73 tahun tentang Pendidikan Luar Sekolah
8.    Keputusan Menteri Sosial RI No. 47 tahun 1993 tentang Pendidikan Kelompok Bermain dan Penitipan Anak
9.    Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 18/U/1993 tentang Penyelengaraan, Pendidikan pada Bermain Kelompok Bermain dan Penitipan Anak.
10.    UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak
11.    UU SISDIKNAS No. 20 tahun 2003
C.    Tujuan
Tujuan disusunnya Panduan Pelaksanaan Pendidikan PAUD Al-Fathonah sebagai berikut :
1.    Panduan untuk memaksimalkan pencapaian program pendidikan pada PAUD Al-Fathonah Segedong.
2.    Membantu orang tua/pendidik untuk mampu mengasuh anak sendiri.
3.    Memudahkan pada pembimbingan/pengasuh dalam membimbing anak didiknya kearah yang diidamkan orang tuanya serta diinginkan masyarakat peduli kesejahteraan anak bangsa yang diridhoi Allah SWT.

 
D.    Sasaran Pengguna
Panduan pelaksanaan pendidikan PAUD Al-Fathonah digunaka oleh :
1.    Pendidik dan calon pendidik PAUD Al-Fathonah
2.    Masyarakat yang mengelola atau akan mengembangkan program PAUD.
3.    Orang tua anak usia dini.
4.    Pihak lain/petugas yang membina program PAUD.

 
E.    Pengertian
Pendidikan anak usia dini (PAUD) Al-Fathonah adalah tempat pendidikan anak yang menitik beratkan pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak usia dini (3-6 tahun).

 

 

 
BAB II
PANDUAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
AL-FATHONAH

 
A.    Pengantar
Pendidikan adalah urat nadinya manusia, sebab tanpa pendidikan jiwa intelektualitas serta tamaddun (kebudayaan) tidak akan tumbuh dan berkembang. Dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ditetapkan bahwa pendidikan dapat dilaksanakan melalui jalur pendidikan, non formal dan informal. Ketika jalur tersebut berjalan seiring dan saling menunjang.

 
B.    Fungsi
Sebagai wadah membina kesejahteraan anak usia dini (PAUD) dalam menopang kebahagiaan keluarga dini didunia dan akherat.

 
C.    Sasaran
PAUD Al-Fathonah melayani pengasuhan dan pendidikan untuk anak usia 3-6 tahun dengan pengelompokan sebagai berikut :
1.    Tiga – Empat tahun
2.    Lima – Enam tahun

 
D.    Penyelenggaraan
PAUD Al-Fathonah Segedong diselenggarakan oleh PKBM Cendana Segedong.

 
E.    Pendidik
Tenaga pendidik pada PAUD AL-Fathonah Segedong diupayakan memenuhi ketentuan :
1.    Pendidikan formal sekurang-kurangnya SLTA.
2.    Telah mendapatkan pelatihan tenaga pendidik dan pengelola program PAUD yang terkait dengan kebijakan Depdiknas.
3.    Sehat jasmani dan rohani.
4.    Memiliki konsep diri perilaku Islami yang patut diteladani.
Tugas pokok dan fungsi pengasuh/pendidikan anak usia dini (PAUD) Al-Fathonah Segedong adalah :
1.    Membahagiakan anak Dunia Ukhrowi.
2.    Membiasakan anak beraqidah tauhid beribadah Islami berakhlaq mulia.
3.    Mengasuh anak dengan meneladani Rasulullah secara asih asah asuh.

 
F.    Program
PAUD AL-Fathonah Segedong melayani pendidikan dari pukul 07.30 – 09.30 yang merujuk pada pedoman pendidikan anak yang dikeluarkan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. Jadwal kegiatan harian secara umum mencakup : bermain dan belajar bersama.
Pola pengasuhan yang dikembangkan pada PAUD AL-Fathonah Segedong bersifat menyeluruh, disesuaikan dengan tahap perkembangan dan usia anak. Lingkungan belajar diusahakan mencerminkan kegiatan dirumah. Dengan demikian diharapkan anak tumbuh dan berkembang dengan memiliki kepribadiannyang didambakan setiap orang tua. Kemandirian, kemampuan sosialisasi dan penanaman moral keagamaan merupakan fokus pertimbangan disamping ketrampilan dan kreatifitas. Karena itu PAUD AL-Fathonah mengutamakan para pendidik dan pengasuh handal yang memahami kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan anak.

 
G.    Waktu Kegiatan
Pada PAUD Al-Fathonah Segedong anak masuk sekolah setiap hari Senin sampai dengan hari Kamis kecuali hari libur.

 

 


BAB III
KEGIATAN PEMBELAJARAN PAUD AL-FATHONAH SEGEDONG

 
A.    Fokus Pembelajaran PAUD Al-Fathonah Segedong
Pendidikan anak usia dini (PAUD) Al-Fathonah Segedong memfokuskan kepada 3 (tiga) sasaran pencerahan dan kecerdasan yakni :
1.    Mengenal Allah SWT
Mengenal dan menyadari adanya Allah SWT yang maha pengasih dan ciptaannya. Anak dibawa untuk mengenal sifat Allah SWT dan mengasihi-Nya serta menyayangi makhluk ciptaan Allah SWT dilingkungannya. Untuk itu anak dibimbing dan diarahkan mengembangkan aqidah, ibadah dan akhlak mulia (Hablun min Allah dan Hablun minnan nas).
2.    Mengenal sesama manusia
Mampu bersosialisasi dengan seorang manusia, bertanggungjawab dan mandiri. Sesuai dengan tuntutan moral agama dan budaya bangsa (adat ketimuran).
3.    Mengenal lingkungan
Pencerahan kecerdasan untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat proses belajar "trial and error" mengamati, menyentuh, meraba, merasa benda disekitarnya, tahu manfaatnya dan terampil menggunakannya melalui kegiatan belajar dan bermain.

 
B.    Pendekatan Dalam Pembelajaran PAUD Al-Fathonah Segedong
1.    Berorientasi pada kebutuhan anak untuk mendapatkan layanan pendidikan kesehatan dan gizi yang dilaksanakan secara integratif dan holistik.
2.    Belajar melalui bermain dengan menggunakan strategi metode dan media yang menarik sedangkan materi yang diberikan berdasarkan pada penanaman aqidah Islam.
3.    Kreatif dan inovatif dengan memberikan keleluasaan kepada anak untuk bereksploratif sehingga membangkitkan rasa ingin tahu, berpikir kritis dan menemukan hal-hal baru.
4.    Menyediakan lingkungan yang kondusif yakni memberikan keamanan dan kenyamanan bagi anak untuk melakukan kegiatan sesuai dengan minat dan tahap perkembangan.
5.    Menggunakan pembelajaran terpadu yakni dengan mengangkat tema yang menarik bagi anak (Centre of Interest) sehingga dalam setiap kegiatan memungkinkan teroptimalisasinya potensi kecerdasan majemuk (Multiple Intellegence).
6.    Menggunakan berbagai media dan alat peraga Konkrit sesuai dengan tahap berpikir anak dan diangkat dari potensi lingkungan setempat.
7.    Sesuai dengan tahap perkembangan anak sehingga setiap anak yang memiliki keunikan dan karateristik yang berbeda dapat dilayani secara individual didalam kelompok.

 
C.    Peran Pendidik Dalam Pembelajaran PAUD Al-Fathonah Segedong
Pendidik berperan sebagai :
1.    Uswatun Hasanah (teladan yang baik)
Anak belajar dengan cara melihat dan meniru apa yang ditampilkan oleh orang dewasa disekelilingnya. Dalam rangka pembentukan moral dan akhlak mulia dalam bidang kecerdasan, moral, spiritual dan emosional, sosial dan intelektual, pendidik harus mampu memberikan keteladanan.
2.    Fasilisator
Yang menyediakan keperluan anak selama proses belajar melalui bermain. Baik keperluan alat main, bahan main, maupun lingkungan main. Penyediaan bahan dan alat main yang beragam / variatif serta lingkungan yang kondusif dapat membangun imajinasi dan kreatifitas anak.
3.    Pengasuh / pembimbing yang penuh asih dan asuh
Dengan memberi bimbingan sesuai dengan kemampuan anak usia dini sepanjang tidak bertentangan dengan Undang-undang Sisdiknas dan diridhoi Allah SWT.
4.    Teman bermain anak
Yang memberikan waktu dan dukungan sesuai dengan kebutuhan bermain anak. Teman bermain dimaksud memberi dukungan saat anak memahami konsep baru, atau memberi penjelasan setahap demi setahap saat anak tidak memiliki pemahaman tentang kegiatan main. Dengan demikian keberadaan pendidik dapat memperkuat pengalaman positif anak.
5.    Sebagai peneliti
Yang senantiasa mengamati perkembangan anak dan memahami kebutuhan perkembangan anak.

 
D.    Dukungan Untuk Kegiatan Anak
1.    Tersedianya material (alat permainan) dan bahan yang cukup dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Alat dan bahan main ditata sedemikian rupa sehingga penempatannya mudah dijangkau, diambil dan dikembalikan lagi oleh anak.
2.    Terjaminnya kebebasan bagi anak untuk berkomunikasi dengan anak lainnya dan pendidikan dalam suasana kekeluargaan, saling menghormati dan menyayangi.
3.    Terjaminnya kebebasan bagi anak untuk dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan keinginannya.
4.    Tersedianya waktu yang cukup untuk anak melakukan eksplorasi dengan alat, bahan main serta benda lainnya yang ada disekitar tempat kegiatan, sepanjang tidak membahayakan keselamatan anak.
5.    Terjaminnya lingkungan kegiatan yang aman dengan perhatian dan kasih sayang dari pada anak didik.

 
E.    Metode Yang Digunakan PAUD Al-Fathonah Segedong
Metode yang dianjurkan adalah Uswatun Hasanah (keteladanan yang baik) melalui 7 (tujuh) aktivitas, melatih anak untuk berbuat (Learning by Doing) melalui bermain (Learning by Playing) dengan tahapan sebagai berikut :
1.    Mendengarkan
2.    Menatap
3.    Menirukan
4.    Mengucapkan
5.    Menceritakan
6.    Melakukan
7.    Mensyukuri
Tujuh aktivitas ini disesuaikan dengan potensi dan kompetensi yang akan dikembangkan.

 
F.    Perencanaan Kegiatan Pembelajaran (PKP)
Perencanaan pendidikan merupakan komponen yang sangat penting dilakukan oleh para pendidik PAUD Al-Fathonah Segedong. Perencanaan dikembangkan dengan mengacu pada pencapaian optimalisasi potensi anak dengan dilandasi pada nilai-nilai Islami.
Perencanaan pendidikan PAUD Al-Fathonah Segedong disusun secara berjenjang dalam bentuk :
1.    SKS (satuan kegiatan semester)
2.    SKB (satuan kegiatan bulanan)
3.    SKP (satuan kegiatan pekanan)
4.    SKH (satuan kegiatan harian) untuk SKH diperlukan usaha :
a.    Merancang skenario pembelajaran, tata letak, ruang, alat dan sebagainya.
b.    Memilih metode yang cocok (dianjurkan sekali skenario pemebelajaran 2 hingga 3 metode)
c.    Memanfaatkan alam sekitar sebagai sarana pembelajaran.

 
G.    Penilaian
1.    Tujuan penilaian mendapatkan perkembangan anak didik secara rutin, berkala dan berkesinambungan serta menyeluruh tentang proses dan hasil pertumbuhan serta perkembangan anak didik.
2.    Prinsip penilaian
a.    Untuk mengetahui baik proses maupun hasil semua aspek perkembangan anak.
b.    Berkesinambungan
c.    Objektif dengan memperhatikan perbedaan individu.
d.    Memperhatikan segi-segi pendidikan yang membuat rasa puas dan rasa bersyukur sehingga anak bahagia.
e.    Hasil yang dicapai harus bermakna
3.    Cara penilaian
a.    Mengamati / observasi
b.    Mencatat (anekdot record)
c.    Mengumpulkan hasil kerja anak / tingkah laku sehari-hari (portofolio)
4.    Pelaporan
Pelaporan hasil perkembangan anak dilakukan per-semester atau sewaktu-waktu bila ada masalah serius.
5.    Tindak lanjut
Hasil penilaian digunakan untuk perbaikan dan pengayaan anak didik.
Selain hal tersebut diatas orang tua / pengasuh dan penentu kebijakan dapat merancang perbaikan metode mengasuh anak sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan.

 
H.    Aspek Perkembangan Kemampuan Dasar dan Kompetensi Yang Ingin Dicapai
1.    Perkembangan Aqidah ditujukan untuk :
-    Mengenal dan percaya kepada Allah SWT.
-    Mengenal Nabi Muhammad SAW melalui cerita / qishash dalam Al-Qur'an dan hadist.
-    Mengenal malaikat dan tugas-tugasnya.
-    Mengenal Al-Qur'an sebagai kitab suci firman Allah SWT.
-    Percaya adanya kehidupan akhirat (hidup sesudah mati)
-    Mengucapkan 2 kalimat syahadat.
-    Mampu mengucapkan kalimat thayyibah.
-    Mengenal nama-nama shalat fardhu.
-    Mengetahui jumlah rakaat shalat fardhu.
-    Senang dan ikhlas mengikuti shalat berjamaah.
-    Melatih diri khusyu' dalam shalat.
-    Mengenal kegiatan shaum bulan Ramadhan.
-    Mengenal hari besar Islam.
-    Bisa berwudhu sebelum shalat den menjaga kebersihan.
-    Bisa bersyukur kepada Allah SWT
2.    Perkembangan Ibadah
-    Bisa mengucapkan do'a untuk kedua orang tua.
-    Bisa berdo'a sebelum makan dan berdo'a setelah makan.
-    Bisa berdo'a sebelum tidur dan bangun tidur.
-    Bisa mengucapkan do'a keluar rumah
-    Bisa mengucapkan do'a kebaikan dunia akhirat.
-    Bisa berdo'a sebelum belajar dan sesudah belajar.
-    Bisa mengucapkan istighfar ketika bersalah.
-    Bisa berinfak dan bersedekah.
-    Bisa mengenl huruf hijaiyah.
-    Bisa mengucapkan huruf hijaiyah dengan fasih dan benar.
-    Bisa mengucapkan dengan fasih dan hafal surah Al-Fatihah
-    Bisa mengucapkan surah Al-Ikhlas
-    Bisa mengucapkan surah Al-Falaq
-    Bisa mengucapkan surah An-Nas
-    Bisa mengucapkan dengan fasih dan hafal surah Al-Ashr
3.    Perkembangan Akhlaq Mulia (PAM)
-    Terbiasa dan senang mengucapkan salam.
-    Terbiasa menjawab salam
-    Terbiasa memulai sesuatu kegiatan dengan do'a "Basmallah"
-    Senang meniru kebiasaan / akhlaq Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari
-    Senang dan ikhlas mambagi sesuatu dengan teman dan bersedekah
-    Terbiasa dan senang mengucapkan terima kasih
-    Terbiasa dan senang meminta maaf bila salah
-    Terbiasa dan senang bersikap sopan dan santun
-    Terbiasa dan senang mengikuti tata tertib sekolah
-    Terbiasa dan senang berbicara jujur
-    Terbiasa dan senang berpakaian sesuai anak laki-laki / perempuan
-    Terbiasa dan senang mengungkapkan masalahnya dengan ucapan dari pada bahasa badan
-    Terbiasa dan senang menolong teman yang memerlukan
-    Terbiasa dan senang memberi sedekah / infaq
4.    Perkembangan Berbahasa (PB)
-    Bisa mengenal identitas diri sendiri misalnya nama, agama, alamat tempat tinggal, orang tua dan jenis kelamin.
-    Bisa mendengar dan mengucapkan syair dan lagu
-    Bisa bercerita dengan melihat gambar
-    Bisa menyebut sebanyak-banyaknya nama benda disekitarnya
-    Bisa menyebut manfaat benda-benda tersebut
-    Bisa menyebut benda dengan huruf awal vokal
-    Bisa mengucap vokal dengan benar
-    Bisa menjawab pertanyaan
-    Bisa mengikuti perintah sederhana 1 sampai 2 kali sekaligus
-    Bisa mengenal kata posisi
-    Bisa bercerita lancar
-    Bisa memperagakan gerakan sederhana
-    Bisa mendengarkan cerita
-    Bisa menjawab pertanyaan dengan pola SPO
5.    Perkembangan Kognitif / Pesona Pikir (PP) berhitung dan IPA
-    Bisa menyebut urutan bilangan 1 sampai dengan 5
-    Bisa mengenal lambang bilangan 1 sampai dengan 5
-    Bisa mengenal konsep bilangan 1 sampai dengan 5
-    Bisa menyebut 3 warna dasar
-    Bisa menyebut nama hari dan bulan
-    Bisa menyebut waktu / keadaan : pagi, siang, sore, malam
-    Bisa menyusun puzzle
-    Bisa mencari jejak
-    Bisa mengenal perbedaan-perbedaan benda
-    Bisa memasangkan benda sesuai pasangannya
-    Bisa mengenal nama tumbuhan
-    Bisa mengenal nama hewan
-    Bisa mengenal ukuran : besar, kecil, tinggi, pendek
-    Bisa mengenal bentuk geografis
-    Bisa mengamati air mendidih
-    Bisa mencampur gula dan air teh / membuat teh manis
-    Bisa membuat kopi
-    Bisa mengamati proses air membeku bila didinginkan
-    Bisa mengamati es mencair bila dipanaskan
-    Bisa bermain dengan magnet positif dan negatif
-    Bisa mengamati proses menanam biji (tumbuh-tumbuhan)
-    Bisa mencampur warna dasar : merah, kuning, biru
6.    Perkembangan Keterampilan Mandiri (PKM)
-    Bisa mandi sendiri, menggunakan sabun dan shampo
-    Bisa memakai baju dalam, membua dan memakai pakaian
-    Bisa makan sendiri dengan menggunakan sendok dan garpu
-    Bisa minum sendiri dengan tidak tercekik
-    Bisa menggunakan pisau dan gunting (bagi yang sudah mampu)
-    Bisa menyikat gigi sendiri
-    Bisa menyisir rambut sendiri
-    Bisa buang air besar dan buang air kecil sendiri
-    Bisa membantu menyapu
-    Bisa membantu menata dan merapikan meja makan
-    Bisa membantu merapikan tempat tidur
-    Bisa membantu membersihkan alat rumah tangga
-    Bisa membantu mencuci piring
-    Bisa membantu menyusun dan merapikan alat shalat
-    Bisa menggunakan telepon (bila ada)
-    Bisa bermain telepon (dengan kaleng bekas dan benang)
7.    Perkembangan Keterampilan Diri (PKD)
-    Bisa menarik garis datar, miring, lurus
-    Bisa meronce
-    Bisa membentuk bangunan dengan balok-balok
-    Bisa bertepuk tangan dengan bermacam pola
-    Bisa membentuk dengan tanah liat / plastik
-    Bisa memasang kancing baju sendiri
-    Bisa memakai sepatu sendiri
-    Bisa menggunting menurut pola
-    Bisa menarik garis horizontal, diagonal, vertikal
-    Bisa mengisi pola (kolase)
-    Bisa mencap
-    Bisa melipat / memakai baju sendiri
-    Bisa mengisi dan menuang benda cair kedalam wadah
-    Bisa bongkar pasang alat permainan
8.    Perkembangan Seni (PS)
-    Bisa mengikuti bernyanyi
-    Bisa menari sesuai irama musik
-    Bisa bertepuk sesuai irama
-    Bisa menyanyikan lagu anak-anak baik umum maupun khusus
-    Bisa mewarnai gambar
-    Bisa memadukan warna gambar / baju
-    Bisa menyenangi musik / lagu
-    Bisa mengucapkan syair 4 kalimat
-    Bisa mengagumi keindahan ciptaan Allah SWT
-    Bisa mensyukuri keindahaan alam
9.    Perkembangan Jasmani (PJ)
-    Bisa merangkak dengan berbagai variasi
-    Bisa merayap dengan berbagai variasi
-    Bisa berjalan lurus dan mundur berbagai variasi
-    Bisa berlari variasi
-    Bisa meloncat bervariasi
-    Bisa menaiki dan menuruni tangga
-    Bisa menaiki papan titian
-    Bisa menggerakkan kepala, kaki dan tangan sesuai irama musik
-    Bisa senam sesuai contoh guru
-    Bisa melompat dengan kaki / jongkok
-    Bisa melempar dan menangkap bola
-    Bisa menendang bola
-    Bisa meniru gerak binatang, tumbuhan dan lain-lain
10.    Perkembangan Emosional dan Sosial (PES)
-    Bisa mengenal perasaan sendiri, tertawa, tersenyum, marah, sedih
-    Bisa terlatih bertanggungjawab, memimpin 2 sampai dengan 5 teman
-    Bisa membedakan milik sendiri dan orang lain
-    Bisa sabar menunggu giliran antri
-    Bisa bekerja sama dengan guru, teman dan orang lain
-    Bisa menahan tangis
-    Bisa saling membagi dengan teman
-    Bisa menolong teman yang membutuhkan
-    Bisa merasa senang dengan kelebihan orang lain jika teman berhasil
-    Bisa bersyukur jika diri sendiri berhasil
-    Bisa menunjukkan kasih sayang kepada ibu bapak
-    Bisa menunjukkan kepada saudara / teman
-    Bisa berterima kasih


RPP Panduan Bermain Sambil Belajar PAUD Al-Fathonah Segedong

Posted On 07.53 by Paud Al-Fathonah 7 komentar



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PANDUAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR
UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
"AL-FATHONAH" SEGEDONG

  


SEMESTER 1
TAHUN AJARAN 2010/2011




KATA PENGANTAR


Salah satu yang sangat mendasar dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisitem Pendidikan Nasional, yakni "Suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak dini usia yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agaranak memiliki persiapan dalam memasuki pendidikan dan kehidupan tahap berikutnya".
Dalam pelaksanaan pendidikan tersebut biasanya pemerintah menuntut pelaksanaan tersebut melalui otonomi daerah dan wawasan demokrasi yang artinya pengelolaan pendidikan diberikan wewenang kepada Pengelola untuk menyusun kurikulumnya.
Dari interaksi kami dengan masyarakat daerah setempat, kami terkesan untuk membuka tempat atau sarana belajar yang divariasikan dengan bermain khususnya untuk anak-anak, yang mana hal tersebut dapat membantu orang tua (masyarakat) yang kurang mampu khususnya dalam membimbing serta mendidik anak-anaknya. Untuk itulah kami mencoba membuat rencana pembelajaran sebagai panduan/acuan/pedoman untuk terlaksananya kegiatan belajar tersebut.
Panduan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini juga berdasarkan kurikulum sekarang yaitu kurikulum KTSP. Adanya Rencana Pembelajaran ini sebagai motivasi untuk menambah wawasan, semangat, serta memperkaya metodologi pembelajaran sekaligus mempermudah guru PAUD khususnya dalam merancang dan melaksanakan KBM di tempat masing-masing. Dengan tujuan ; mengembangkan seluruh potensi secara optimal sejak dini agar terbentuk perilaku dan kemampuan dasar yang seimbang dengan tingkat perkembangan anak, serta terwujudnya anak usia dini yang sehat, ceria dan berakhlak mulia juga memiliki kesiapan baik fisik maupun mental untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.








DAFTAR ISI






Kata Pengantar    ………………………………………………………    i

Daftar Isi    ………………………………………………………    ii



Tema I     Diri Sendiri    ………………………………………………    1

    Sub Tema    Siapa Aku    ………………………..

        Panca Indra    ………………………..





Tema II    Lingkunganku    ………………………………………….

    Sub Tema    Keluargaku    ………………………….

        Sekolahku    ………………………….

        Rumahku    ………………………….





Tema III    Kebutuhanku    ………………………………………….

    Sub Tema    Makanan dan Minuman    ……………..

        Pakaian    ..............................................

        Perilaku Hidup Bersih dan Sehat …….





Tema IV     Binatang    …………………………………………..

    Sub Tema    Binatang Kesayangan …………………





Tema V    Tanaman    ……………………………………………

    Sub Tema    Kebunku     ………………………………..















Bulan : Juli



Tema    : Diri Sendiri

Sub Tema    : Siapa Aku



AKU CIPTAAN TUHAN YANG MAHA ESA


Tujuan Pembelajaran :

  1. Anak mensyukuri bahwa dirinya adalah ciptaan Tuhan yang sempurna
  2. Anak mulai berinteraksi dengan lingkungannya.


I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Guru menceritakan mengenai ciptaan Tuhan yang beraneka ragam, kemudian guru memberikan contoh perbedaan yang merupakan anugrah Tuhan antara lain :
  • Ukuran Tubuh : Gemuk, Langsing, Kurus
  • Warna Kulit : Coklat, Kuning, Putih, Hitam
  • Tinggi Badan : Tinggi, Sedang, Pendek
  • Rambut : Lurus, Kriting, Ikal.

 
Penjelasan :
  1. Mengawali setiap kegiatan dengan membaca Basmalah.
  2. Bersyukur atas karunia Tuhan dengan mengucapkan Hamdalah.
    Mengajak anak bersyukur serta mengucapkan Alhamdulillah (segala puji hanya bagi Allah semata), Subhanallah (Maha suci Allah), Allahuakbar (Allah yang maha besar).

 
Guru menjelaskan nama dan sifat-sifat Tuhan dari al Asmaul Husnah. Dua diantara sifat-sifat Tuhan yang paling sering disebut-sebut ialah : ar-rahman (Yang Maha Pemurah) dan ar-rahim (Yang Maha Penyayang).

 
    Indikator : Anak Mampu ...............
  1. menirukan sikap berdoa
  2. menyebut nama Tuhan
  3. menyebutkan contoh ciptaan Tuhan
  4. menirukan lagu-lagu keagamaan
  5. mengucapkan kalimat santun : maaf....., atau tolong....

 
    kegiatan :
  1. anak diajak mengenali beragam karunia Tuhan kepada dirinya. Kegiatan mengenali melalui cerita dan eksplorasi tubuh anak sendiri. Saat membacakan cerita berikut ini, ajaklah anak; misalnya menutup mata untuk membuktikan manfaat mata.

 

 
II. Pengembangan Sosial Emosional dan Kemandirian
    Indikator : Anak Manpu ...............
1. Bermain dengan teman-teman sebaya
2. Berpisah dengan orang tua tanpa menangis
3. Menunjukkan rasa sayang
4. Berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya.

 
    Kegiatan :
  1. guru mengajak anak-anak untuk saling berkenalan : berjabat tangan sambil menyebutkan nama diri
  2. guru memfasilitasi terjadinya komunikasi diantara anak-anak, misalnya saling bertanya : kesekolah naik apa? Siapa yang mengantar ke sekolah?
  3. guru mendorong keberanian anak untuk menunjukkan sikap mandiri serta menumbuhkan rasa percaya diri. Dapat dilihat pada saat anak bermain di dalam dan diluar kelas.

 
III.    Pengembanga Bahasa:
    Indikator : Anak Mampu ...........
  1. menyebutkan nama diri dan orang tua
  2. memberikan reaksi terhadap perintah yang diberikan
  3. menyebutkan ciri-ciri tubuhnya sendiri
  4. bercerita tentang dirinya dengan kalimat sederhana
  5. menggunakan 3-4 dalam satu kalimat.

 
Kosa kata yang diperkenalkan :
- rambut lurus    - wajah lonjong    - hujan    - jujur
- rambut ikal    - angin    - anak sulung    - sopan
- rambut keriting    - awan    - anak bungsu
- wajah bulat    - mendung    - orang tua

 
Kegiatan :
  1. anak mengamati dirinya dicermin agar dapat mengenali ciri-ciri tubuhnya. Guru meminta anak mengatakan hal-hal yang terlihat dicermin.
  2. anak-anak mendengarkan cerita guru. Guru bercerita dengan menggunakan boneka tangan atau gambar.
  3. anak memperkenalkan diri didepan kelas
    misalya : Namaku ......, Umurku ......., Nama Ibuku ........., Nama Ayahku ......
   
IV. Pengembangan Kognisi
    Indikator : Anak Mampu ............
  1. membedakan ukuran sederhana (besar dan kecil)
  2. membedakan bentuk tubuh yang gemuk dengan yang kurus
  3. menyebutkan dan menunjukkan 5 warna
  4. menyebutkan urutan bilangan 1 sampai dengan 10 (tanpa mengenal konsep).
Kegiatan :
  1. Anak diajak bereksplorasi menggunakan sensori metorik untuk mengenal konsep ukuran sederhana : besar-kecil, gemuk-kurus, dan membedakan 5 warna. Manfaatkan benda-benda nyata disekeliling anak.
    Contoh : Anak-anak berdiri berjajar didepan cermin agar dapat mengetahui perbedaan ukuran tubuh dirinya dan kawan-kawannya. Guru meminta anak mengatakan hal-hal yang terlihat dicermin.
  2. mebilang 1 sampai dengan 10 tanpa mengenal konsep. Manfaatkan penggaris sebagai alat permainan edukatif atau kartu angka yang disusun bagai urutan angka pada penggaris.

 
V. Pengembangan Fisik/Motorik
    Indikator : Anak Mampu .................
1. berjalan dengan kaki stabil
2. berjingkat, berjalan dengan bertumpu pada ujung kaki
3. meremas kertas menjadi bentuk bola
4. melempar bola kertas dengan tangan kanan dan tangan kiri bergantian
5. melipatkan kertas dengan dua lipatan sederhana

 
Kegitan :
  1. melakukan gerak dasar sederhana : berdiri tegak dalam posisi bersiap. Lalu mengangkat dua lengan keatas sambil berjinjit. Lalu kembali pada posisi semula. Gunakan lagu untuk mengiringi latihan ini agar lebih menarik minat anak.
  2. melakukan gerakan menggenggam dan membuka genggaman. Latihan ini memeperkuat otot jemari tangan, untuk mendukung kemampuan motorik halus.
  3. tangan kanan dan kiri meremas menjadi bola. Lalu melemparkan bola kertas ditangan kanan dan kiri bergantian.
  4. melipat selembar kertas dengan beberapa kali lipatan hingga menjadi kecil. Kegiatan melipat bisa dibilang menjadi sebuah karya, misalnya saputangan, atau dompet.

 
VI. Pengembangan ........
     Indikator : Anak Mampu ..........
  1. bergerak sesuai dengan irama musik secara sederhana
  2. menirukan ucapan syair lagu Puji-pujian
  3. menyanyikan lagu : Pelangi dan beberapa lagu anak-anak
  4. melukis dengan jari

 

 

 

 

 

 

 
kegiatan :
  1. Anak diajak meniru ucapan lirik lagu berulang-ulang sampai anak dapat menirukan dengan tepat.

 
Sebagian lirik lagu Puji-pujian, dari kelompok Raihan :

 
    AsyhaduAllah ilaha illallah
    Wa asyhadu anna Muhammadarrasulullah
    Tiada Tuhan, selain Allah
    Nabi Muhammad, Pesuruh Allah

 
        Alhamdulillah, pujian bagi Allah
        Subhanallah, Maha Suci Allah
        Allahuakbar, Allah Maha Besar
        Segala Puji hanya bagi Allah

 
Lagu Puji-pujian diatas untuk memantapkan ucapan kalimat keagamaan!


  1. Membuat suatu karya dengan jari, misalnya melukis,bermain playdough atau plastisin
  2. Nyanyikan lagu : Pelangi, dan lagu lain sebagai ungkapan mengagumi ciptaan Tuhan.

 

 

 




































Semester 1

Bulan : Agustus



Tema    : Diri Sendiri

Sub Tema    : Panca Indra dan Fungsinya



PANCA INDRA ADALAH KARUNIA TUHAN


Tujuan : Pembelajaran :

  1. memelihara kesehatan tubuh karunia Tuhan dengan sebaik-baiknya
  2. membiasakan anak bersikap sopan dalam perilaku dan ucapan.


I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Indikator : Anak Mampu .........
  1. menirukan gerakan ibadah lainnya yang sederhana
  2. bertutur kata santun :"terima kasih", "silakan".
  3. mengucapkan salam
  4. meletakkan sesuatu pada tempatnya
  5. merapikan alat-alat setelah melakukan kegiatan.


Pembiasaan
  1. panca indra adalah karunia Tuhan. Kesehatan dan kebersihan panca indra harus kita pelihara agar dapat berfungsi dengan baik. Cuci tangan setelah bermain adalah cara menjaga kesehatan panca indra.
  2. ciptakanlah situasi untuk melatih anak terbiasa mengucapkan "terima kasih, "silakan".
  3. ajaklah anak untuk meletakkan atau mengembalikan sendiri alat sekolah atau alat bermain ditempatnya.


II. Pengembangan Sosial, Emosional dan Kemandirian

Indikator : Anak Mampu .........

  1. berbagi dengan teman
  2. minta ijin bila menggunakan benda milik orang lain
  3. sabar menunggu giliran bermain


III. Pengembangan Bahasa

Indikator : Anak Mampu .........
  1. mengikuti petunjuk yang terdiri atas satu tahap atau lebih
  2. berbicara dengan kalimat sederhana
  3. menyebutkan bagian-bagian tubuh
  4. bercerita menggunakan gambar
  5. menyebutkan nama diri dan orang tua.


Kegiatan :
  1. guru bercerita sambil menunjuk bagian-bagian tubuh, diulang-ulang. Anak diminta menyebutkan bagian-bagian tubuh.
  2. Nyanyikan lagu "Ibu jari berkata ........
  3. bacakan syair : Ibu Jari


    ibu jari, jari telunjuk, jari tengah yang panjang
    jari manis pakai cincin, jari kelingking yang kecil

 
kosa kata yang diperkenalkan :
bagian-bagian tubuh :
- kepala     - betis    - jari jempol
- leher        - lutut    - jari telunjuk
- pundak    - kaki kanan    - jari tengah
- dada        - kaki kiri    - jari manis
- perut         - tangan kanan    - jari kelingking
- paha        - tangan kiri

 

 
Kegiatan :
  1. setiap anak mengamati telapak tangannya. Lalu menyebutkan nama jemari.
  2. setiap anak diajak mengamati tubuhnya dicermin, lalu menyebutkan bagian-bagian tubuh seperti pada gambar.


IV. Pengembangan Kognisi

Indikator : Anak Mampu ...........

  1. membedakan ukuran sederhana : besar-kecil
  2. membedakan posisi suatu benda : jauh-dekat
  3. mengenal suara yang nyaring dan yang pelan
  4. merasakan permukaan benda yang kasar dan yang halus
  5. menyebutkan fungsi lidah dengan kalimat yang sederhana
  6. membedakan bermacam-macam bau
  7. menyusun puzzle wajah.


Kegiatan :
  1. ajaklah anak melakukan pengamatan diluar kelas. Melalui sensorik motoriknya, anak dapat mengamati benda-benda dan mendengarkan berbagai suara yang terdengar di sekitarnya.
  2. kegiatan eksplorasi menggunakan sensorik motorik untuk mengenal konsep :
    a. membedakan ukuran besar-kecil

    b. membedakan letak benda jauh-dekat

    c. membedalkan suara nyaring-pelan

    d. merasakan permukaan benda kasar-halus.
  3. percobaan sederhana
    percobaan petama : sediakan dua cangkir, cangki pertama berisi air tanpa gula (rasa tawar), cangkir kedua diisi air diberi gula (rasa manis). Beri kesempatan anak mencicipi untuk membedakan rsanya (fungsi lidah).
    Percobaan kedua: sediakan dua botol kecil. Botol pertama diisi minyak kayu putih, botol kedua diisi minyak wangi. Beri kesempatan anak mencium bau kedua isi botol tersebut. Anak dapat membedakan bau kedua botol tersebut (fungsi hidung).
  4. pemecahan masalah. Misalnya : dengan mata tertutup anak dapat menentukan arah dan mendatangngi sumber bunyi, yang berasal dari bunyi sempritan.

 
V. Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator : Anak Mampu ...............
  1. berjingkat, berjalan bertumpu pada ujung kaki
  2. berjalan dengan berbagai gerakan : lurus, menyimpang dan zig-zag
  3. berdiri diatas satu kaki selama 1-10 detik
  4. menangkap bola besar dengan satu atau kedua tangan
  5. memasukkan bola ke dalam keranjang dari jarak 1 atau 2 meter.

 
Kegiatan :
Melakukan berbagai kegiatan bermain untuk melihat anak agar mereka mampu :
  1. bergerak berpindah dengan koordinasi yang lebih baik dalam permainan
  2. mengajak anak untuk memainkan benda secara sederhana
  3. guru melatih anak melakukan gerakan tangan dengan kelenturan, kelincahan dan kekuatan.

 
VI. Pengembangan Seni
Indikator : Anak Mampu ..............
  1. bergerak bebas sesuai dengan irama musik
  2. menggerakkan kepala tangan dan kaki mengikuti irama musik
  3. bertepuk tangan membentuk irama
  4. bertepuk tangan dengan dua pola untuk membuat irama.

 
Kegiatan :
  1. anak diajak menggerak-gerakkan anggota tubuh sesuai irama musik
  2. membuat irama secara sederhana, dengan bertepuk tangan. Cobalah menyanyi dengan irama yang berbeda yaitu : 2/3 dan ¾. Misalnya, lagu : Dua Mata Saya dan Cemara.
  3. menyanyikan lagu Dua Mata Saya, ciptaan Pak Kasur, agar lebih mengenal panca indra.

 

 

 

 

 
    Dua Mata Saya

 
    Dua Mata Saya, hidung saya satu
    Dua kaki saya, pakai sepatu baru
        Dua tangan saya, yang kiri dan kanan
        Satu mulut pandai baca al-qur'an

 

 
Ucapan lirik : "Kepala,Pundak, Lutut Kaki- Lutut kaki". Sambil menunjuk bagian tubuh dengan jari bagian tubuh yang disebutkan!




































































Bulan     : Agustus



Tema    : Lingkunganku

Subtema    : Keluargaku



KELUARGA YANG AKU CINTAI


Tujuan Pembelajaran :

  1. anak mulai bersikap dan berprilaku sopan dalam kehidupan sehari-hari
  2. saling memperhatikan kepentingan setiap anggota keluarga.


I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Menjelaskan fungsi keluarga dalam rumah.

Indikator : Anak Mampu .........

  1. mengikuti bacaan doa/berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  2. mengucapkan salam
  3. menunjukkan kasih sayang melalui belaian
  4. ikut melakukan kegiatan kebersihan di rumahnya.


Kegitan :
Guru mengenalkan dan memberi contoh sikap dan perilaku santun. Bagaimana cara menyapa guru, menurut kebiasaan setempat.


II. Pengembangan Sosial, Emosional dan Kemandirian

Indikator : Anak Mampu ..............

  1. ikut bermain bersama teman sebaya dengan gembira
  2. berkomunikasi dengan orang-orang yang ditemuinya
  3. berbagi dengan teman
  4. memilih kegiatan sendiri
  5. menunjukkan rasa sayang terhadap binatang piaraannya.


Kegiatan :
Guru mendorong anak agar memperlihatkan lingkungannya, sehingga memiliki sikap peduli terhadap lingkungannya. Misalnya; menyapa teman dengan ramah, berbagi benda miliknya dengan senang.

 
III. Pengembangan Bahasa
Indikator : Anak Mampu .........
  1. bercerita dengan menggunakan 3-4 kata dalam satu kalimat
  2. menggunakan kata tanya "apa, siapa, dimana".
  3. menyebutkan nama diri dan orang tua serta alamat rumah secara sederhana.
  4. menyebutkan beberapa contoh binatang peliharaan
  5. menyebutkan berbagai bunyi dan suara tertentu
  6. bercerita menggunakan gambar.
Kosa kata yang diperkenalkan :
- kakek    - adik    - pembagian tugas
- nenek    - kakak    - menyapu lantai
- paman    - saudara kandung    - binatang peliharaan
- bibi     - kerabat dekat    - dibelai

 
Pertanyaan berikut ini untuk mendorong kemampuan anak bercerita :
  1. apa pekerjaan ayahmu? Pakah ibumu juga bekerja?
  2. berapa banyak saudaramu? Berapa banyak saudara laki-laki/perempuanmu?
  3. apakah keluargamu punya binatang peliharaan?

 
IV. Pengembangan Kognisi
Indikator : Anak Mampu ..............
  1. menyebutkan anggota keluarga
  2. mengetahui jenis kelamin
  3. mengetahui nama diri dan anggotaa keluarga
  4. membilang dengan benda.

 
Kegiatan :
  1. Anak perlu mengenal semua orang yang tinggal serumah, termasuk kerabat dekat yang ikut tinggal disitu. Anak perlu tahu nama nenek dan kakek mereka.
    Anak memperkenalkan anggota keluarganya :
    1. Menyebutkan semua anggota keluarga yang tinggal serumah
    2. menyebutkan alamat rumah
    3. menyebutkan siapa nama kakek dan nenek
    4. menyebutkan kerabat dekat yang ikut tinggal serumah.
  2. setiap anak diberi tugas membawa foto keluarga untuk diperkenalkan kepada teman-temannya didepan kelas.

 
V. Perkembangan Fisik / Motorik
Indikator : Anak Mampu ...........
  1. berdiri diatas satu kaki selama 5-10 detik
  2. berjalan dengan stabil
  3. memegang benda dengan pegangan yang benar
  4. memegang benda yang kecil dengan telunjuk dan ibu jari.

 
Kegiatan :
  1. melatih anak berdiri satu kai sambil membilang jumlah anggota keluarganya. Contoh, jika jumlah anggota keluarganya tiga, maka anak berdiri dengan satu kaki sambil membilang "satu,dua,tiga".
  2. melatih kelenturan otot tangan anak dengan cara memungut benda-benda kecil yang diletakkan berserak dilantai

 

 
VI. Pengembangan Seni
Indikator : Anak Mampu ..........
  1. bergerak bebas sesuai irama musik
  2. menggerakkan kepala tangan dan kaki mengikuti irama musik
  3. bertepuk tangan membentuk irama
  4. membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat, memukul-mukul alat perkusi sederhana.

 
Kegiatan :
  1. anak diajak melakukan berbagai gerakan mengikuti irama musik, menurut dorongan hati mereka.
  2. bangkitkan keberanian anak untuk membuat irama dengan bertepuk tangan. Atau ajak anak memukul-mukul atal perkusi sederhana (kaleng bekas/galon kosong).

 
Sebagai ungkapan cinta kasih kepada ibu, nyanyikanlah lagu : Kasih Ibu, Oleh SM. Mochtar.

 
Kasih Ibu

 
Kasih Ibu kepada beta
Tak terhingga sepanjang masa
    Hanya memberi tak harap kembali,
    Bagai sang surya menerangi dunia.

 
Lagu lain yang relevan : Sayang Semuanya, ciptaan Pak Kasur

 
Sayang Semuanya

 
Satu satu aku sayang ibu
Dua dua juga sayang ayah
Tiga tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya






















Bulan     : Agustus



Tema    : Lingkunganku

Sub Tema    : Sekolahku



AKU SENANG DI SEKOLAH


Tujuan Pembelajaran :

  1. menumbuhkan sikap bertanggung jawab pada anak
  2. anak merasa senang bemain dan belajar disekolah.


I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Pembiasaan :

  1. memanfaatkan waktu dengan baik
  2. saat tiba disekolah, menyapa kawan dan guru saat dijumpai
  3. masuk ke kelas dengan tertib dan antri
  4. berdoa bersama sebelum mulai kegiatan belajar dan sesudahnya.


Guru bercerita sedikit tentang "lingkungan Sekolahku Indah dan Bersih"

 
Indikator : Anak mampu .........
  1. mengikuti bacaan doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  2. mengucapkan salam kepada guru dan teman-temannya
  3. merapikan peralatan sekolahnya setelah melakukan kegiatan
  4. meletakkan sesuatu pada tempatnya.


II. Pengembangan Sosial, Emosional dan Kemandirian

Indikator : Anak Mmapu ............

  1. memiliki kebiasaan yang teratur (makan,mandi,tidur)
  2. menolong dirinya sendiri (makan,kegiatan ke toilet)
  3. membuang sampah ke keranjang sampah
  4. menunggu giliran bermain dengan sabar
  5. menolong teman-temannya, bila diperlukan.


Kegiatan :
  1. anak mulai mengenal dan mematuhi tata tertib sekolah. Guru menyadarkan anak agar datang kesekolah tepat waktu. Ketika bel berbunyi anak masuk kelas dengan tertib dan menyalami guru. Didalam kelas anak mendengarkan gurunya.
  2. biasakanlah anak ikut memelihara kebersihan kelas dengan membuang sampah ke tempat sampah. Anak mulai menjaga kebersihan dirinya, memakai pakaian seragam sekolah yang bersih dan rapi, memotong kuku dan rambut dengan rapi.

 

 

 
III. Pengembangan Bahasa
Indikator : Anak Mampu ...........
  1. Menyebutkan nama salah seorang guru
  2. mendengarkan cerita guru
  3. menjawab sebab akibat
  4. berkomentar atas cerita yang dibacakan
  5. menggunakan kata tanya "apa", "siapa", "dimana".

 
Tugas :
  • memberikan pertanyaan sederhana, agar anak dapat bercerita dengan kalimat sederhana.

 
Kosa kata yang diperkenalkan :
    - meja        - melipat kertas    - kepala sekolah
    - kursi        - rapi    - guru
    - lemari    - meronce    - petugas kebersihan
    - keranjang sampah    - aneka warna   

 
IV. Pengembangan Kognisi
Indikator : Anak Mampu ............
  1. menunjukkan benda yang besar dan kecil
  2. membedakan benda yang panjang dan pendek
  3. menunjukkan warna merah dan kuning
  4. mengelompokkan balok-balok yang sama warnanya
  5. menunjukkan benda dengan bentuk dasar : lingkaran, segitiga, dan segiempat
  6. membilang dengan benda.

 
Kegiatan :
  1. Anak diajak berekplorasi menggunakan sensorik motorik untuk mengenal konsep sederhana ;
    1. Membedakan ukuran benda besar-kecil, panjang dan pendek
    2. mengelompokkan benda berdasarkan warna
    3. mengenal tiga bentuk geometri.
  2. tunjukkan kepada anak benda yang berbentuk dasar : lingkaran,segitiga dan segiempat. Gunakan benda-benda disekitarnya.
  3. membilang dengan menunjukkan banyak bendanya.

 
V. Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator : Anak Mampu ...............
  1. senam menirukan gerakan pohon
  2. menung air atau biji-bijian ke dalam baskom tanpa tumpah
  3. mengaduk cairan dengan alat adukan (sendok)
  4. meronce dengan manik manik besar
  5. memegang pensil (belum sempurna)
  6. merekat/menempel kertas merah dan putih

 
kegiatan :
  1. ajaklah anak melakukan gerakan di tempat dengan koordinasi yang lebih baik, misalnya gerakan senam yang sederhana
  2. mengajak anak melakukan gerakan tangan untuk melatih kelenturan,kelincahan dan kekuatan. Misalnya : menirukan pucuk pohon sedang ditiup angin. Menggerakan kedua lengan dengan gerakan gemulai.
  3. menempel kertas merah dan putih untuk membuat bendera merah putih.

 
VI. Pengembangan Seni
Indikator : Anak Mampu ............
  1. melukis dengan menggunakan jari
  2. mewarnai bentuk gambar sederhana
  3. meniru gerakan binatang sedang melompat
  4. membuat bunyi-bunyian dengan alat perkusi sederhana (misalnya kaleng bekas).

 
Kegiatan
  1. merangsang anak agar berani menampilkan karya seni dengan jari misalnya melukis
  2. mengajak anak bergerak dan menyanyi dengan gembira mengikuti irama
  3. bulan Agustus bertepat dengan peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI.
    Ajak anak-anak menyanyikan lagu : Indonesia Tetap Merdeka, ciptaan Cornel Simanjuntak, dengan bersemangat dan gembira. Nyanyikan juga lagu-lagu wajib lainnya.

     
    Indonesia Tetap Merdeka

     
    Sorak sorak bergembira, bergembira semua
    Sudah bebas negeri kita, indonesia merdeka
        Indonesia merdeka, Republik Indonesia
        Itulah hak milik kita, untuk slama-lamanya.

     
    Ajak anak berdiri sambil menyanyikan mengibar-ngibarkan bendera kecil dari kertas.


















Bulan     : September



Tema    : Lingkunganku

Sub Tema    : Rumahku



RUMAH TEMPAT TINGGAL KELUARGAKU


Tujuan Pembelajaran :

  1. mengenalkan anak pada lingkungan rumah yang sehat
  2. anak senang berinteraksi dengan lingkungan terdekat.


I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Pembahasan :

  1. anak mulai bertanggung jawab terhadap tugas
  2. anak memiliki keperdulian terhadap keluarga di rumahnya.
Indikator : Anak Mampu ...........

  1. mengucapkan kata-kata santun : "tolong...,"maaf....".
  2. mengucapkan salam ketika meninggalkan rumah dan setelah tiba dirumah
  3. meletakkan sesuatu pada tempatnya
  4. merapikan alat-alat setelah melakukan kegiatan.


II. Pengembangan Sosial Emosional dan Kemandirian

Indikator : Anak Mampu .........

  1. bertegur sapa dengan sopan pada orang yang dijumpainya
  2. menolong dirinya sendiri untuk melakukan kegiatan ke kamar kecil
  3. berpisah dengan orang tuanya tanpa menangis.
  4. menunjukkan rasa bangga atas hasil kerjanya.


Kegiatan :
  1. guru memotivasi anak agar bersikap mandiri, mampu menolong dirinya sendiri. Misalnya : makan dan kegiatan ketoilet.
  2. mengajak anak mulai bersikap dan berprilaku tertib. Misalnya : mengembalikan mainannya sendiri, mencoba memberesi tempat tidurnya (dengan bantuan).


III. Pengembangan Bahasa

Indikator : Anak Mampu .........

  1. menyebutkan bagian-bagian rumah
  2. memperhatikan ketika guru bercerita
  3. menceritakan kembali cerita yang didengar
  4. menyebutkan benda sesuai fungsinya
  5. menirukan kembali 4 urutan kata yang diucapkan guru.



 

 
Kegiatan :
Setelah mendengar cerita guru tentang rumah, anak mencawab melalui pertanyaan yang ajukan guru :
  1. apa guna rumah bagi keluarga?
  2. ada berapa kamar dirumahmu?
  3. sebutkan kembali 4 urutan tentang barang pecah belah yang diucapkan guru!
  4. apa guna jendela kamar?

 
Kosa kata yang diperkenalkan :
    - rumah sehat    - pintu    - rumah makan
    - atap rumah     - jendela     - pergantian udara
    - lantai rumah    - kamar tidur    - pengap

 
    Barang pecah belah :
    - piring    - sendok    - baskom
    - cangkir    - garfu    - tempat nasi
    - gelas    - pisau dapur    - centong

 
IV. Pengembangan Kognisi
Indikato : Anak Mampu ..............
  1. mengenali tiga bentuk geometri (lingkaran,segiempat,segitiga)
  2. mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri
  3. menyebutkan urutan bilangan 1-10, tanpa konsep
  4. membedakan ukuran benda yang panjang dan yang pendek.

 
Kegiatan :
  1. anak bereksplorasi menggunakan sensorik motorik untuk mengenal konsep sederhana:
    1. membedakan ukuran besar dan kecil, panjang dan pendek
    2. mengelompokkan benda berdasarkan bentuk geometri
    3. mengenal 3 bentuk geometri : lingkaran, segiempat dan segitiga.
  2. siapkan tiga bentuk geometri : lingkaran,segiempat,segitiga. Masing-masing bentuk terdiri 3 atau 4. biarkan anak-anak bermain dalam kelompok untuk menyusun bentuk apa saja dengan ketiga bentuk geometri itu.
  3. anak diminta membilang urutan bilangan 1-10 (tanpa konsep).
  4. Mewarnai : bentuk lingkaran, beri warna merah. Bentuk segiempat beri warna biru. Bentuk segitiga beri warna kuning.

 
Kegiatan :
  1. rumah memiliki kamar-kamar untuk berbagai macam keperluan : ruang tamu, kamar tidur, ruang makan, dapur serta kamar mandi dan WC, mintalah anak bercerita tentang macam-macam ruangan dirumahnya.
  2. mintalah anak menyebutkan perkakas rumah yang ada dikamar tidur dan ruang tamu dirumahnya.
V. Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator : Anak Mampu ...........
  1. melompat kedepan dengan kedua kaki bersama-sama
  2. meloncat turundari ketinggian 10-20 cm
  3. menciptakan alat perkusi sederhana
  4. mencipta bentuk dengan lidi
  5. meniru mengucapkan syair lagu.

 
Kegiatan :
  1. anak menirukan gerakan kelinci melompat,pucuk pohon bergoyang ditiup angin.
  2. anak diajak mendentingkan gelas dengan sendok. Permainan ini melatih kesabaran dan kontrol gerakan tangan.
  3. galon air kosong bisa digunakan sebagai alat perkusi.
  4. mencipta bentuk dengan lidi : lihat bentuk rumah dari batang korek api .

 
latihan mengucapkan syair/lirik lagu :

 
Pergi Sekolah

 
Oh,ibu dan ayah, selamat pagi
Kupergi sekolah sampai kan nanti
    Selamat belajar nak, penuh semangat
    Rajinlah selalu tentu kaudapat
    Hormati gurumu sayangi teman
    Itulah tandanya kau murid budiman

 
Langkah kegiatan :
  1. jelaskan makna kata-kata yang sulit agar mudah dimengerti anak
  2. ucapkan kata-demi kata dengan intonasi yang tepat. Ucapkan berulang-ulang sampai ucapannya benar.
  3. syair lagu diucapkan berulang-ulang,agar anak mudah menghafalnya
  4. beri kesempatan anak yang sudah mampu menghafal syair lagu untuk tampil di depan kelas.
  5. beri pujian kepada mereka yang berani tampil di depan kelas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Bulan     : September



Tema    : Kebutuhanku

Sub Tema    : Makanan dan Minuman



MAKANAN SEHAT, MAKANAN BERGIZI


Tujuan Pembelajaran :
  1. memperkenalkan aturan (tata cara) makan bersama
  2. mempekenalkan makanan bergizi.

 
I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Pembahasan :
  1. mengenal dan mematuhi tata cara makan bersama
  2. melakukan cara makan yang sehat
  3. berdoa sebelum dan sesudah makan sebagai ungkapan rasa syukur atas Karunia Tuhan Yang Maha Pemberi.

 
Indikator : Anak Mampu ............
  1. mengikuti bacaan doa sebelum dan sesudah makan
  2. meneladani cara makan yang baik
  3. mengenal dan memahami sifat-sifat Tuhan
  4. merapikan peralatan makan setelah selesai melakukan kegiatan

 
kegiatan :
  1. anak-anak mendengarkan cerita tentang sayur dan buah: tempat tumbuhnya, kandungan vitaminnya, manfaatnya bagi kesehatan.
  2. beri kesempatan anak-anak memanfaatkan sensorik motoriknya, misalnya memegang,membau.

 
II. Pengembangan Sosial,Emosional dan Kemandirian
Indikator : Anak Mampu ........
  1. memiliki kebiasaan teratur
  2. menolong diri sendiri (dalam kegiatan makan minum)
  3. menunjukkan rasa bangga atas pekerjaannya
  4. menunggu giliran dengan sabar ketika mengambil hidangan di meja makan.

 
Tugas : Bermain Peran
Mengajak anak menata hidangan di meja makan.

 
Kegiatan :
  1. anak-anak harus mencuci kedua tangan sebelum makan
  2. guru mengajak kelompok anak untuk makan bersama, dan memberi contoh tata cara makan bersama.
  3. guru menyebutkan ragam hidangan tersedia dan secara singkat menjelaskan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Hal ini dapat membangkitkan minat anak untuk menyantap hidangan yang tersedia.
  4. memperagakan penggunaan sendok-garpu.
  5. menggunakan sisi sendok untuk memotong makanan
  6. saat kegiatan makan bersama usai, libatkan anak-anak untuk membereskan peralatan makanan dan membersihkan meja makan.
  7. guru bercerita tentang manfaat makan pagi sebelum pergi ke sekolah.

 
III. Penegembangan Bahasa
Indikator : Anak Mampu .............
  1. menceritakan pengalaman makan bersama dalam kalimat sederhana
  2. menjawab sebabakibat
  3. mengenali tulisan nama sendiri
  4. menceritakan kembali cerita yang didengarkannya (tentang makanan bergizi) secara sederhana.
  5. menyebutkan tugas apa yang dilakukan anak setelah makan bersama keluarga.

 
Kosakata yang diperkenalkan :
- tata cara makan    - sayur mayur    - menyuap
- makanan bergizi    - buah –buahan    - mengunyah
- empat sekat lima sempurna   
        - hidangan    - menelan
        - lauk-pauk    - mencepak

 
Kegiatan :
  1. guru memfasilitasi kemampuan anak menceritakan pengalaman makan bersama. Dapat dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan sederhana, lalu mengembangkan pertanyaan sesuai kemampuan anak memahami dan menjawabnya :
    1. siapa yang tadi pagi makan bersama ibu dan ayah dirumah?
    b.siapa yang suka makan sayur atau buah?
2. menggambar atau mewarna sayur atau buah kesukaan anak.
  1. mencuci sayur atau buah yang disediakan guru.

 
IV. Pengembangan Kognisi
Guru memberikan penjelasan tentang makanan bergizi yang diperlukan tubuh.

 
Indikator : Anak Mampu ................
1. mengelompokkan benda berdasarkan warna,bentuk dan ukuran.
2. merasakan permukaan benda halus dan kasar
3. menyusun bentuk dengan berbagai media
4. menggambar bebas dengan berbagai media (krayon)

 
Kegiatan :
  1. hadirkan beragam sayur dan buah. Anak-anak dapat dilibatkan dengan membawa sayur atau buah. Lakukan kegiatan yang melibatkan sensorik motorik anak. Melakukan pengelompokan, misalnya berdasarkan jenis (sayur atau buah), berdasar warna,bedasar ukuran (besar,sedang,kecil), berdasar bentuk (bulat,lonjong), berdasar permukaan kulit (kasar,halus).
  2. Mintalah anak menyusun buah untuk membuat: bentuk lingkaran,segitiga dan segiempat. Menyusun menara dari 2 atau 3 buah tomat atau jeruk, yang dapat dilakukan anak dengan mudah.
  3. Bermain peran : penjual dan pembeli sayur dan buah. Persiapkan lembar-lembar kertas untuk dijadikan uang, dilibatkan anak saat membagi-bagikan "uang kertas", untuk membeli buah atau sayur kepada anak yang berperan sebagai penjual.

 
V. Pengembangan Fisik/Motorik
Guru memberikan penjelasan sederhana tentang "kesehatan gigi".

 
Indikator : Anak Mampu ..............
1. menggosok gigi dengan cara yang benar, berkumur dan mengeluarkan airnya.
2. membedakan permukaan 5 jenis benda melalui perabaan.
3. menjiplak dan meniru membuat garis tegak,datar,miring dan lengkung.
4. menggunting mengikuti bentuk gambar buah yang bergaris tebal.
5. merekat dan menempel gambar buah yang sudah disiapkan oleh guru.

 
Kegiatan :
  1. mengajak anak-anak menyikat giginya didepan cermin.
  2. guru melatih kepekaan alat peraba anak, terutama ujung jari tangan. Jika sudah terlatih anak dapat membedakan : licin (permukaan kaca) ; halus (permukaan kertas);halus berkontur (permukaan kain drill);kasar (permukaan tikar);kasar sekali atau tajam (permukaan kulit salak,namgka). Ajaklah anak meraba berbagai macam permukaan benda yang berbeda.
  3. siapkan kertas bergambar buah yang bergaris tebal agar anak mudag menggunting mengikuti garis tebal itu. Ajak juga anak menggunting, merekat lalu menempel!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Bulan    : September

 
Tema    : Kebutuhanku
Sub Tema    : Pakaian

 
PAKAIAN SEBAGAI PENUTUP AURAT DAN PELINDUNG TUBUH


Tujuan Pembelajaran :

  1. anak mampu menolong diri sendiri melalui kegiatan bermain dan belajar.
  2. anak mengenal berbagai fungsi pakaian.


I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Guru menjelaskan tentang Fungsi Pakaian.



Pembiasaan

  1. menyiapkan sendiri sepatu dan kaos kaki yang hendak dipakai kesekolah
  2. berpakaian dengan cara yang benar agar tampil dengan pakaian rapi dan sopan
  3. mengenakan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan : pakaian seragam sekolah, pakaian sehari-hari dirumah, atau pakaian untuk pesta.


Indikator : Anak Mampu ............
  1. menirukan sikap berdoa
  2. meletakkan sesuatu (sepatu dan kaos kaki) pada tempatnya
  3. mengenakan pkaian sendiri (bila perlu dibantu)
  4. melakukan kegiatan kebersihan diri dan pakaiannya.


Kegiatan :

  1. anak-anak berdiri didepan cermin,mengamati pakaian yang dikenakan. Guru memfasilitasi anak dengan pertanyaan sederhana untuk mengenali dirinya sendiri dalam berpakaian. Contoh pertanyaan tersebut adalah :
    1. lihatlah dirimu dicermin. Apakah kamu berpakaian rapi?
    2. Coba sebutkan warna apa saja yang ada pada pakaianmu?
    3. Sebutkan nama pakaian yang sedang kamu kenakan/
  2. Melipat Pakaian : Mintalah anak –anak membawa pakaian dari rumah. Boleh kaos,celana,gaun atau rok. Bersama-sama ajak mereka membentangkan pakaiannya dilantai lalu melipat, kemudian menumpuk menjadi satu tumpukan untuk dilihat jenis pakaian yang sama. Kegiatan dapat dilanjutkan dengan bergantian mengambil pakaiannya sambil tetap menjaga kerapian pakaian yang lain.
  3. kegiatan melepas sepatu sebelum masuk kelas, dapat pula dijadikan pembiasaan untuk mencoba memasang dan menanggalkan sepatu sendiri.

 

 

 
II. Pengembangan Sosial,Emosional dan Kemandirian
Indikator : Anak Mampu .............
  1. menolong dirinya sendiri ketika berpakaian (memasang dan membuka kancing baju, memakai sepatu dan kaos kaki sendiri).
  2. bekerja sama dalam kelompok
  3. memilih kegiatan sendiri
  4. membedakan sepatu kanan dan sepatu kiri.

 
Kegiatan :
  1. Beri kegiatan pada anak-anak untuk menolong dirinya sendiri menyelesaikan sesuatu. Kegiatan ini merupakan pembelajaran yang dapat membangkitkan rasa percaya diri anak.
  2. beri kegiatan anak-anak untuk menyelesaikan sesuatu secara kerjasama

 
III. Pengembangan Bahasa
Guru menjelaskan tentang jenis-jenis pakaian.

 
Indikator : Anak Mampu...
  1. mengikuti petunjuk yang terdiri dari satu tahap atau lebih
  2. menyebutkan kata-kata dengan suku kata awal atau suku kata akhir yang sama.
  3. menyebutkan benda sesuai fungsinya
  4. berbicara dengan kalimat sederhana
  5. mulai bertanya dengan suatu tujuan.

 
Kegiatan :
  1. permainan suku kata
    mintalah anak menemukan kata-kata yang mengandung suku kata yang dicontohkan guru. Misalnya guru mengucapkan suku kata awal ku (Ku-ku, Ku-da, Ku-li, Ku-Pu, Ku-Tu). Dan kata-kata dengan suku kata akhir ku (du-ku,bu-ku,pa-ku,sa-ku).
  2. bercakap-cakap dengan anak tentang macam-macam pelengkap pakaian seperti : topi,ikat pinggang serta gunanya. Gunakan gambar untuk membangun persepsi yang sama tentang perlengkapan pakaian yang dimaksud.
  3. guru mengajukan pertanyaan dengan kata tanya : apa,siapa dan dimana. Anak dapat menjawab dengan kalimat sederhana.
  4. anak perlu dirangsang agar mereka bertanya. Misalnya : anak mulai bertanya tentang pakaian daerah yang diceritakan oleh guru.

 
Kosa kata yang diperkenalkan :
- pakaian seragam    - pakaian adat    - mukena    - peci
- pakaian olah raga    - baju bodo    - baju kurung    - kata
- pakaian dalam    - kain katun    - kebaya    - suku kata

 

 
IV. Pengembangan Kognisi
Guru menjelaskan tentang bahan pakaian.
Indikator : Anak Mampu ...........
  1. merasakan permukaan kain yang kasar dengan yang halus.
  2. mengelompokkan benda (potongan-potongan kain perca) berdasarkan warna.
  3. mengenal konsep 1-3
  4. membilang dengan benda.

 
Kegiatan :
  1. anak diminta dari rumah beberapa potong kain perca dengan warna polos yang berbeda. Kemudian anak mengelompokkan kain perca tersebut berdasarkan warna.
  2. anak bereksplorasi menggunakan sensorik motorik untuk mengenal konsep sederhana; a). Kain kasar dan halus, b). Mengenal 5 warna: merah,kuning,biru,hijau dan coklat.
  3. membilang sambil menunjukkan benda. Anak mulai memahami konsep 1-3.

 
V. Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator : Anak Mampu ............
  1. melompat kedepan dengan dua kaki bersama-sama
  2. mengikuti gerakan senam
  3. memegang benda kecil dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari
  4. menggunting kertas pada garis tebal
  5. melipat kertas dengan lipatan sederhana.

 
Kegiatan :
  1. melakukan gerakan berpindah tempat dalam permainan. Misalnya : melompat kedepan dengan kedua kaki bersama-sama.
  2. mintalah anak membawa pakaian dari rumah : (baju,celana tau rok). Ajaklah mereka melipat baju yang mereka bawa dengan benar.
  3. guru melatih otot-otot tangan agar anak mudah menggunakan telunjuk dan ibu jari memegang benda-benda kecil.
  4. anak melakukan gerakan ditempat sebagai latihan gerakan senam sederhana.

 
VI. Pengembangan Seni
Indikator : Anak Mampu ............
  1. bergerak sesuai irama musik secara sederhana
  2. menggerakkan kepala, tangan dan kaki sesuai dengan irama musik.
  3. melakukan senan irama dengan berbagai variasi.
  4. melukis dengan jari.
  5. melipat kertas secara sederhana.

 
Kegiatan :
  1. memotivasi anak agar berani menampilkan karya yaitu melukis dengan jari.
  2. mengajak anak melakukan berbagai gerakan sesuai irama musik. Perdengarkan irama musik sederhana. Ajak anak bergerak, misalnya ; senam irama atau gerakan-gerakan anggota tubuhnya mengikuti irama musik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Bulan     : Oktober

 
Tema    : Kebutuhanku
Sub Tema    : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

 
BERSIH PANGKAL SEHAT

 
Tujuan Pembelajaran :
  1. Anak Mulai mampu memperhatikan kebersihan diri dan lingkungannya.
  2. Menyedarkan anak akan manfaat kebersihan bagi kesehatan.

 
I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama
Guru menjelaskan tentang "memelihara kebersihan diri dan lingkungan".
Indikator : Anak Mampu ............
  1. berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan
  2. melakukan kebersihan diri dan lingkungannya
  3. menggosok gigi setiap bangun pagi dan sehabis makan
  4. meletakkan sesuatu pada tempatnya.

 
Pembiasaan :
Sehat itu adalah karunia Tuhan yang sangat berharga. Karena itu jagalah kesehatan dengan :
  1. hidupa teratur : makan,istirahat,mandi, dan tidur dilakukan secara tertib
  2. pelihara kebersihan diri termasuk menggosok gigi,cuci tangan dan kebersihan lingkungan.
  3. menolong diri sendiri dengan mengemasi sendiri alat-alat permainan sehabis digunakan.

 
II. Pengembangan Sosial,Emosional dan Kemandirian
Indikator : Anak Mampu ...........
  1. bermain bersama teman-teman sebaya
  2. memilih kegiatan sendiri
  3. bekerjasama dalam kelompok kecil untuk memelihara kebersihan kelas.
  4. menunjukkan rasa bangga atas hasil kerjanya
  5. memiliki kebiasaan yang teratur (makan,minum,mandi dan tidur).

 
Kegiatan :
  1. bermain APE Rantai berkait. APE ini bermanfaat antara lain untuk :
    1. mengenal konsep urutan warna,urutan pola.
    b.melatih motorik halus : merangkai rantai berkait menjadi gelang atau kalung.
    c. merangsang kreatifitas,menciptakan kegembiraan dalam permainan bersama.
  2. kemampuan bekerjasama dapat dibangun melalui kegiatan yang melibatkan semua anak untuk menyelesaikannya. Ada pembagian tugas dari guru untuk masing-masing kelompok anak.
  3. guru perlu memotivasi anak agar mereka mampu bersosialisasi dengan teman sekolah. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah bermain peran mikro atau makro, tentang dokter.

 
III. Pengembangan Bahasa
Indikator : Anak Mampu .............
  1. memberikan reaksi terhadap perintah yang diberikan
  2. mengambil keputusan ketika dihadapkan pada pilihan
  3. mengikuti petunjuk dalam sebuah lagu (lagu: Bangun Tidur)
  4. menyanyikan lagu sederhana
  5. menggunakan kata tanya : "apa", "siapa", "dimana".

 
Kegiatan :
  1. bermain peran tentang "memelihara kebersihan rumah".
  2. menyenyikan lagu bangun tidur. Apa saja yang dilakukan anak setelah bangun tidur? Anak diminta mengikuti petunjuk lagu tersebut.
  3. ajak anak-anak untuk mengajukan pertanyaan dengan kata tanya :"apa","siapa","dimana". Misalnya guru bercerita dulu lalu fasilitasi mereka untuk bertanya kepada teman-temannya.

 
Kosa kata yang diperkenalkan :
    - kebersihan diri        - sapu
    - kebersihan lingkungan        - kain pel
    - pemukiman        - kain lap
    - penduduk        - kemucing (sulak)

 
Lembaga pelayanan kesehatan masyarakat :
    - rumah sakit        - puskesmas
    - poliklinik        - posyandu

 
Petugas yang melayani kesehatan masyarakat :
    - dokter    - mantri kesehatan    - bidan
    - dokter gigi    - juru rawat

 
Pengembangan kognisi :
Indikator : Anak Mampu ..............
  1. membedakan letak suatu benda : di atas atau di bawah, di luar atau di dalam.
  2. Mengelompokkan benda berdasarkan bentuk.
  3. Menyusun bentuk dengan berbagai media.
  4. Mengurutkan pola sederhana : lingkaran, segitiga dan segiempat. Sampai dua urutan pola.
Kegiatan :
  1. Guru mengajak anak-anak melakukan pengamatan. Melalui indra anak-anak dapat mengenal konsep sederhana dan mengklasifikasi. a)Menyebutkan letak suatu benda : diatas atau dibawah, b) menyebutkan benda apa saja yang terletak diluar atau didalam ruangan.
  2. Siapkan juga beberapa kubus yang sama besarnya sesuai keperluan agar beberapa anak dapat bekerja sama dalam kelompok menyusun menara setinggi 4 kubus.
  3. Siapkan menara geometri. Gunakan tiga bentuk geometri : lingkaran, segitiga,dan segiempat. Masing-masing sebanyak 3 keping dengan warna yang berbeda. Anak diminta mengelompokkan berdasarkan bentuknya atau berdasarkan warna. Alat permainan ini juga digunakan untuk menyusun pola urutan : lingkaran, segitiga dan segiempat.

 
V. Pengembangan Fisik/Motorik
Indikator : Anak Mampu .............
  1. berjalan diatas papan titian, kaki melangkah satu-satu
  2. mengikuti gerakan senam
  3. menangkap bola besar dari jarak 1-2 meter dengan dua tangan.
  4. membuat bentuk bulatan atau memanjang dari bahan playdough
  5. menjiplak garis datar dan garis tegak.

 
Kegiatan
  1. kegiatan berjalan-jalan, berjalan di atas papan titian, bermain di luar kelas, gerakan senam mengikuti irama musik sebagai kegiatan berolah raga. Guru memberi contoh melakukan kegiatan olah raga secara teratur demi kesehatan.
  2. Ajak anak menggerak-gerakkan otot-otot tangan untuk melatih kelenturan,kelincahan dan kekuatan.

 
VI. Pengembangan Seni
Indikator : Anak Mampu ..........
  1. menyanyikan beberapa lagu anak-anak yang telah diajarkan oleh guru.
  2. melukis dengan jari.
  3. bergerak bebas mengikuti irama musik.
  4. bertepuk tangan membentuk irama.
  5. mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar.

 
Kegiatan
  1. anak diajak membuat coretan dengan spidol, krayon atau kuas. Ajak pula mereka untuk menggoreskan beberapa warna. Siapkan gambar bentuk-bentuk geometri berukuran besar supaya anak dapat mewarnainya.
  2. sambil menyanyi bersama-sama ajak anak-anak untuk bergerak bebas mengikuti irama lagu.
  3. Mengulang-ulang beberapa lagu yang telah dikuasai anak. Ajak mereka bertepuk tangan mengiringi irama lagu yang mereka nyanyikan. Pilih lagu-lagu yang beriramanya berbeda : 2/4 dan ¾.
  4. Pilih lagu yang sesuai dengan perkembangan jiwa anak-anak.

 
        Bangun Tidur

 
        Bangun tidu kuterus mandi.
        Tidak lupa menggosok gigi.
            Habis mandi kutolong ibu.
            Membersihkan tempat tidurku.

 
































































Bulan    : November



Tema    : Binatang

Sub Tema    : Binatang kesayangan



BINATANG MAKHLUK CIPTAAN TUHAN


Tujuan Pembelajaran :

  1. anak mengenal dan menyayangi binatang sebagai makhluk ciptaan Tuhan.


I. Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Guru menceritakan tentang menyayangi binatang.



Indikator : Anak Mampu ...........

1. menirukan sikap berdoa.
2. memberi dua contoh binatang ternak.
3. menyebutkan contoh binatang ciptaan Tuhan yang hidup di udara.
4. menunjukkan rasa sayang terhadap binatang melalui belaian.
5. memberi makan binatang piaraan sendiri.

 
Kegiatan :
  1. anak diminta menyebutkan nama binatang, melalui penjelasan guru.
  2. Guru menjelaskan jenis-jenis binatang serta lingkungan hidup binatang.


II. Pengembangan Sosial,Emosional dan Kemandirian

Indikator : Anak Mampu .........

  1. Menunjukkan ekspesi emosi yang wajar.
  2. Menghindari dari bahaya.
  3. Menunjukkan rasa sayang kepada semua makhluk ciptaan Tuhan.
  4. Menolak sesuatau yang tidak nyaman bagi dirinya.


Kegiatan :
  1. Menghias gambar tubuh binatang.
  2. Membelai atau memegang tubuh binatang.
  3. Mendengarkan dongeng guru.


III. Pengembangan Bahasa :

Indikator : Anak Mampu .............

  1. Memperhatikan ketika guru bercerita.
  2. Menceritakan kembali tentang ciri-ciri gajah yang didengarnya secara sederhana.
  3. Bercerita menggunakan gambar.
  4. Berkomentar atas cerita yang dibacakan.
  5. Menjawab sebab akibat.
Kosa kata yang diperkenalkan :

- binatang kesayangan    - belalai    - petani
- binatang ternak    - gading gajah    - peternak
- binatang liar    - taring harimau   
- binatang buas    - cakar binatang

 
Kegiatan :
  1. Bacakanlah syair tentang gajah! Anak-anak menirukannya dengan ucapan dan intonasi yang jelas!
       

        Gajah
    Gajah binatang yang amat besar.
    Matanya kecil, telinganya lebar.
    Kakinya empat, belalainya panjang.

 
Mintalah pendapat anak tentang binatang gajah ini
  1. Guru bercerita tentang perkembangan ayam.
  2. Anak diminta menggambar binatang kesukaannya serta menceritakan.


IV. Pengembangan kognisi

Indikator : Anak Mampu .........

  1. Menyebutkan beberapa binatang ternak yang besar atau kecil.
  2. Menyebutkan sebanyak-banyaknya binatang berkaki empat.
  3. Membedakan suara kokok ayam jantan dan betina.
  4. Merasakan benda yang berat dan yang ringan.
  5. Menggambar bebas dengan media krayon atau pensil.


Kegiatan :
  1. Guru mengajak anak-anak mengamati binatang ternak.
  2. Guru menceritakan tentang perkembangbiakan binatang.
  3. Meminta anak-anak memegang dengan dua tangan benda yang berat dan ringan. Agar anak dapat membedakan benda tersebut.


V. Pengembangan Fisik/Motorik

Indikator : Anak Mampu ............

  1. Naik turun tangga tanpa berpegangan
  2. Melompat kedepan dengan dua kaki bersama-sama
  3. Melompat dengan salah satu kaki
  4. Menendang bola besar dengan kaki kanan dan kaki kiri bergantian.
  5. Senam menirukan gerakan binatang.
  6. Membentuk bulatan atau bentuk lain yang mudah dengan playdough.


Kegiatan :
  1. Anak diajak melakukan gerak berpindah tempat menirukan gerakan binatang.
  2. Anak melakukan gerak di tempat.
  3. Melakukan gerakan tangan untuk melatih kelenturan dan kelincahan.


VI. Pengembangan Seni

Indikator : Anak Mampu ..............

  1. Menggerakkan kepala, tangan dan kaki mengikuti irama musik.
  2. Bergerak bebas sesuai irama musik.
  3. Menyanyikan beberapa beberapa lagu anak-anak yang sudah diajarkan oleh guru.
  4. Bertepuk tangan membentuk irama.


Kegiatan
  • mengajak anak-anak bernyanyi dengan nada yang berbeda-beda.






























































Bulan     : Desember



Tema    : Tanaman

Sub Tema    : Kebunku



TANAMAN YANG INDAH


Tujuan Pembelajaran :

  1. mensyukuri karunia Tuhan yang telah menciptakan berbagai jenis tanaman.
  2. Anak mulai mengenal manfaat aneka ragam tanaman.


I. Perkembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Menjelaskan berbagai jenis Tanaman Karunia Tuhan.

Indikator : Anak Mampu ...............

  1. Menirukan lagu-lagu keagamaan
  2. Menyebutkan beberapa contoh ciptaan Tuhan
  3. Menunjukkan rasa sayang pada tanaman dengan ikut menyirami tanaman.
  4. Melakukan kebersihan lingkungan sekitarnya.


Kegiatan
  1. Setiap anak diajak menanam biji-bijian di pot kecil masing-masing.
  2. Setelah bijian tumbuh menjadi tanaman guru menceritakan bagian tanaman tersebut.
  3. Ajak anak menghitung hari yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh.
  4. Guru bercerita tentang manfaat tanaman.


II. Pengembangan Kognisi

Indikator : Anak Mampu ..........

  1. Mengelompokkan dan menyebutkan empat macam warna.
  2. Mengelompokkan beberapa bunga berdasarkan warnanya.
  3. Membedakan bau bunga mawar dan melati.
  4. Menyebutkan tanaman yang dapat tumbuh dengan menancapkan batangnya.
  5. Mengurutkan pola sederhana (warna bunga: merah,putih dan kuning).


Kegiatan
  1. Ajaklah anak mengamati tanaman bunga
  2. Siapkan bunga mawar dan melati
  3. Guru menceritakan dan memberikan contoh tanaman.


III. Pengambangan Fisik/Motorik

Indikator : Anak Mampu ..............

  1. Berjingkat,berjalan dengan bertumpu pada ujung kaki
  2. Berjalan diatas titian,melangkahkan kaki satu demi satu.
  3. Melempar bola dengan menggunakan tangan kanan dan kiri bergantian.
  4. Berlari berputar-putar tanpa kendala.
  5. Membuat lukisan pohon menggunakan cap sidik jari tangan.


Kegiatan
  1. Guru mengajak anak untuk melakukan gerak berpindah tempat dalam permaian.
  2. Ajak anak untuk bermain melempar bola.
  3. Guru memberi contoh cara melukis pohon dengan sidik jari tangan.


Indikator : Anak Mampu .........
  1. Menggunakan kata kepunyaan.
  2. Menyebutkan fungsi akar bagi tanaman.
  3. Menceritaka kembali cerita guru yang didengarnya secara sederhana.
  4. Tertarik pada buku cerita dan berusaha membaca.
  5. Menjelaskan apa yang terjadi di dalam gambar.
  6. Mengikuti petunjuk dalam sebuah lagu.


Kosa kata yang diperkenalkan :
- pohon        - akar    - tanaman pangan
- perdu         - batang    - menyiram tanaman
- alang-alang    - ranting    - memupuk tanaman
- hutan        - daun    - menyiangi tanaman
- tanaman hias    - bunga    - kebun yang indah

 
Kegiatan :
  1. Anak diajak mengucapkan kata demi kata syair lagu kebunku dengan ucapan yang benar. Dengan membangkitkan imajinasi anak agar mereka dapat menghayati dengan keindahan tanaman bunga.


        Lihat Kebunku

 
    Lihat kebunku, penuh dengan bunga.
    Ada yang putih dan ada yang merah.
    Setiap hari, kusiram semua.
    Mawar melati, semuanya indah.

 
  1. Anak diajak bercakap cakap menggunakan kata ganti "ku" dan "mu".
  2. Guru bercerita menggunakan buku cerita bergambar.
  3. Anak diajak menceritakan gambar yang dilihat.
  4. Mengajak anak untuk menggambar pohon dengan sidik jari mereka.


VI. Pengembangan Seni

Indikator : Anak Mampu ...........

  1. Bergerak bebas sesuai dengan irama musik.
  2. Menggerakkan kepala,tangan dan kaki sesuai dengan irama musik.
  3. Membentuk irama dengan bertepuk tangan atau memukul-mukul alat perkusi sederhana.
  4. Mengekspresikan diri secara bebas sesuai irama musik.
  5. Menyanyikan beberapa lagu anak-anak yang sudah diajarkan guru.


Kegiatan :
  1. Anak diajak melakukan gerakan sesuai dengan irama lagu.
  2. Bbberi kesempatan pada anak untuk membuat birama dengan memukul-mukul alat perkusi sederhana, misalnya kaleng kosong atau galon kosong.
  3. Beri kesempatan pada anak agar mereka dapat mengekspresikan diri.


Recent Posts