Senin, 19 September 2011

Halal Bi Halal Murid Paud Al-Fathonah Segedong Bersama Orang Tua, Pengelola Dan Pendidik


18.11 |

Segedong (19/9) --- Dalam rangka membangun silaturrahmi dan keakraban antara murid, orang tua murid, pengelola dan pendidik pada PAUD Al-fathonah Segedong hari ini dilaksanakan Halal bi halal yang bertempat di Masjid Nurul Iman Segedong.
Materi halal bi halal pada kesempatan itu disampaikan oleh M. Ichsanudin,S.HI yang juga merupakan salah satu pengurus PAUD Al-fathonah tersebut.
Dalam penyampaian materinya, Ichsan mengajak kepada para orang tua untuk bersyukur atas nikmat yang tercurah dan khususnya nikmat diberinya anak. Kita juga harus bersyukur atas karunia kesempatan mendidik dan meyekolahkan anak-anak kita.
Selanjutnya Ichsan mengatakan bahwa dalam hidup ini kita harus menjaga hubungan dengan Allah ( hablumminallah ) serta hubungan dengan manusia ( hablumminnannaas ). Keduanya harus seimbang dalam kehidupan ini.
Dalam masalah hablumminallah kita terkadang melakukan kesalahan/dosa, maka dari itu islam mengajarkan kepada kita untuk senantiasa beristighfar memohon ampun kepada Allah atas dosa dan kesalahan yang kita lakukan tersebut. Begitu juga dengan hablumminannas kita juga terkadang terjadi salah faham atau bahkan kesalahan sesama manusia tersebut. Maka dengan kegiatan halal bi halal ini kita bisa saling memaafkan kesalahan sesama manusia tersebut, khususnya keluarga besar PAUD Al-fathonah Segedong ini. Jelas ichsan.
Usai penyampaian hikmah halal bi halal tersebut, acara dilanjutkan dengan rapat orang tua murid bersama pengelola dan pendidik PAUD Al-Fathonah Segedong yang dipimpin langsung oleh ibu Sitti Mardiah,S.Sos.I selaku ketua Pengelola PAUD Al-Fathonah Segedong.
Ibu Sitti Mardiah menjelaskan tentang sistem pembelajaran yang diterapkan pada PAUD Al-fathonah. Beliau mengatakan bahwa pada PAUD Al-fathonah diterapkan sistem sentra, yang mana diantaranya adalah sentra Main Peran, Sentra Ibadah, Sentra Balok, Sentra Seni dan Sentra Persiapan. Dalam sistem sentra ini anak-anak diajak bermain sambil belajar. Dengan bermain ini akan membangun imajinasi anak untuk lebih kreatif dan membangun ide. Dengan bermain ini pula, tanpa disadari anak kita sedang belajar dengan suasana senang dan gembira tanpa ada rasa terpaksa atau tertekan, jelas beliau.
Selanjutnya ibu Sitti juga mengingatkan pada orang tua untuk dapat bekerjasama dalam pedidikan anak-anak ini, artinya, setelah anak belajar di sekolah diharapkan pada orang tua juga turut mengontrol anak-anaknya saat dirumah. Demikian itu karena jam belajar disekolah sangatlah sedikit dibandingkan saat dirumah, jelas Sitti. Beliau mengambil contoh, disaat anak diajar berdo’a, maka orang tua juga diharapkan dapat mengingatkan anak-anaknya untuk praktik do’a tersebut dirumah.
Selaku pengelola dan pendidik PAUD Al-Fathonah, ibu Sitti mengharapkan kepada orang tua untuk mempercayakan sepenuhnya kepada Pendidik saat jam belajar di sekolah. Tidak seharusnya para ibu selalu mendampingi anak di dalam kelas. Sudah saatnya para ibu mulai melatih kemandirian pada anak-anaknya. Demikian itu diharapkan agar anak-anak kita bermental berani dan mandiri. (Admin).


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar