Senin, 03 Oktober 2011

Tahun 2011 Ditetapkan Sebagai Tahun PAUD


18.45 |

BANDUNG,(PRLM).-Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menetapkan tahun 2011 sebagai tahun Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik formal maupun non formal. Kemendiknas membentuk Dirjen PAUD Nonformal dan Informal (NI) dan keberpihakan anggaran yang lebih besar.
"Kemendiknas memandang strategis PAUD baik formal yakni TK/RA maupun non foormal yaitu TPA, TKA, kelompok bermain, atau satuan sejenis. PAUD untuk usia 0-6 tahun merupakan masa keemasan anak," kata Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdauaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar. Biasa (P4TK TK dan PLB). Drs. E. Nurzaman, M.M, M.S-, di ruang kerjanya, jumat (26/8).

Apabila tahun-tahun sebelumnya P4TK TK dan PLB hanya membina para guru TK, maka mulai tahun ini harus membina guru PAUD non formal. "Kalau guru-guru TK sudah memiliki standard maupun sertifikasi gurunya, sedangkan guru PAUD non formal belum ada standardnya sehingga kami sedang berusaha keras mengembangkan PAUD non formal," katanya.

Untuk tahun ini P4TK TK dan PLB menargetkan pembinaan untuk 10.000 guru PAUD formal dan non formal. "Pembinaan berupa workshop untuk seluruh Indonesia dengan dana sharing antara pemerintah dan masyarakat. Sampai saat ini kami sudah dan akan memberikan workshop untuk Banten, Jawa Barat, Sumatera Barat. Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, dan Bali," katanya.

Dengan adanya pembinaan para guru PAUD nonformal diharapkan bisa meningkatkan mutu lembaga pendidikannya. "Kita mafhum dengan guru-guru PAUD non formal belum semuanya berlatar belakang guru malah lebih banyak dari tokoh masyarakat atau kaum ibu yang peduli. Tugas kami untuk meningkatkan mutu mereka," katanya.

Sumber : www.pikiran-rakyat.com/


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar